Mati Atau Meninggal Dunia Di Hari Jum'at

Mati Atau Meninggal Dunia Di Hari Jum'at - Selamat datang di situs media global terbaru Xivanki, Pada halaman ini kami menyajikan informasi tentang Mati Atau Meninggal Dunia Di Hari Jum'at !! Semoga tulisan dengan kategori seputar islam !! ini bermanfaat bagi anda. Silahkan sebarluaskan postingan Mati Atau Meninggal Dunia Di Hari Jum'at ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut dimudahkan Allah bagi anda, Lebih jelas infonya lansung dibawah -->


Bismillahirrahmanirrahim.
Allahumma sholi'ala Sayyidina Muhammad.

Kematian, kali ini saya akan mengulas sedikit tentang kematian di hari jum'at, penasaran bukan? Mengapa banyak orang menginginkan kematian nya kelak jatuh pada hari Jum’at. Yuk langsung saja kita mulai mengulas nya secara gamblang agar sahabat islam tidak lagi penasaran dengan hari jum'at.

Setiap manusia didunia ini pasti akan mengalami yang namanya kematian, kematian adalah rahasia Allah subhanahu wa ta'ala, tidak ada seorangpun yang tau kapan akan tiba hari kematiannya seseorang. Jika di dalam agama islam kematian adalah momok yang menakutkan karena hari itulah semua aktivitas seseorang di hentikan, dan setelah kematian masih ada lagi yang namanya alam kubur atau alam barzah, di alam kubur tersebut anda tidak hanya mati dan tidak merasakan sesuatu lagi, namun anda di hidupkan dan datanglah malaikat Munkar dan Nakir untuk mempertanyakan pertanyaan kubur.

Sahabat islam dimanapun anda berada, ketika kita sudah mati dan berada di alam kubur atau barzah maka tidak ada seorangpun yang dapat menolong kita dari siksaan kubur, belum lagi hantaman dari munkar dan Nakir ketika kita tidak dapat menjawab pertanyaan nya.


Lantas apa yang semestinya kita lakukan?

Kita sudah tidak dapat melakukan perbuatan apapun kecuali menerima siksaan tersebut, karena di hari kematian itu kita sudah di putus dengan duniawi atau kehidupan dunia, hanya amal perbuatan baik kita lah yang dapat menolong kita dari siksaan tersebut, iman kepada Allah merupakan hal yang terpenting ketika kita hidup di dunia.

Nah!!! Sahabat,  lalu apa hubungan nya dengan hari jum'at?

Kita lasung saja bahas tentang hari jum'at saja karena topik utama nya adalah hari jum'at bukan siksa kubur hehe...


  • Sebagaimana Diriwayatkan oleh al-Tirmidzi dalam Sunah-Nya, dari hadits Abdullah bin Amr Radhiyallahu 'Anhu, dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam,


مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلا وَقَاهُ اللَّهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ

Artinya :Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jum’at atau malamJum’at melainkan Allah melindunginya dari siksa kubur. (HR. Al-Tirmidzi, no. 1043).

Para ulama berselisih tentang status hadits ini. Imam al-Tirmidzi menyifatinya sebagai hadits gharib dan terputus sandanya.

Al-Hafidz Ibnu Hajar menyifatinya sebagai hadits sanadnya dhaif.

Sementara Syaikh al-Albani dalam Ahkam Janaiz-nya (hal. 49-50) menyatakan, "hadits tersebut hasan ataushahih dengan dikumpulkan semua jalurnya.Al-Mubarakfuri dalam Syarh al-Tirmidzi menjelaskan makna fitnah kubur pada hadits di atas, "Maksudnya: siksanya dan pertanyaannya.

Dan itu mengandung makna mutlak dan taqyid. Dan makna pertama lebih tepat dengan disandarkankepada karunia Allah." (Tuhfah al-Ahwadi: 4/160).

Baca juga :


Hari Jum’at merupakan hari yang special atau biasa juga di sebut hari istimewa, bayangkan saja, kelak ketika hari kiamat atau hari dimana semua kehidupan akan ber ahir, hari itu adalah hari jum'at. Dan masih banyak lagi peristiwa peristiwa lain yang bertepatan pada hari Jum’at.

Namun mengapa banyak orang atau para kiyai menginginkan hari kematian nya adalah hari jum'at? Itu semua karena kematian di hari jum'at menurut para ulama muslim adalah kematian yang bagus kita akan terlepas dari pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir, kita juga terhindar dari siksa kubur, namun kita tetap akan merasakan himpitan bumi ketika di alam sana, untuk itu lah semua menginginkan hari kematian nya adalah hari jum'at.

Meskipun begitu tidak semua orang atau kiyai dapat mati atau lebih sopan nya meninggal di hari jum'at, meskipun seorang kiyai tidak jaminan dapat kematian di hari jum'at, padahal sudah banyak berdoa dan beramal baik serta taat beragama. Terkadang hanya seseorang biasa yang memiliki iman dan takwa kepada Allah saja bahkan seseorang itu adalah seseorang bodoh jika rahmat Allah menyertainya kematian di hari jum'at itu pun menghampirinya.

Kematian seseorang adalah ketentuan Allah subhanahu wa ta'ala, kita tidak dspat mempredeksinya, kita hanya bisa berdoa dan taat kepada Allah subhanahu wa ta'ala, menjalankan semua perintah Nya dan menjauhi segala larangan nya, semoga kita selalu dalam lindungan Allah subhanahu wa ta'ala, Aamiin.

Catatan: kita sebagai hamba Allah sudah semestinya kita berdoa meminta segala sesuatunya dengan Allah, meskipun sangat sulit kematian di hari jum'at, itu bukanlah hal yang sulit bagi bagi Allah, kita hanya perlu memperbaiki diri, mendekatkan diri kepada Allah, agar kita dapat limpahan rahmat dari Allah subhanahu wa ta'ala, Aamiin Yarobbal'Alamin.

Saya rasa cukup ini dulu yang dapat saya tuliskan di sini, saya sangat berharap tulisan ini dapat bermanfaat bagi setiap pembacanya, semoga dengan membaca artikel ini sahabat dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah, dan meningkatkan segala amal ibadah nya, agar kelak dapat menolong kita di ahirat nanti, Aamiin Yarobbal'Alamin.

Demikian info Mati Atau Meninggal Dunia Di Hari Jum'at, Semoga dengan adanya postingan ini, Anda sudah benar benar menemukan informasi yang memang sedang anda butuhkan saat ini. Bagikan informasi Mati Atau Meninggal Dunia Di Hari Jum'at ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.

Previous Post Next Post