Penjelasan Tajwid Saat Membaca Al-qur'an

Penjelasan Tajwid Saat Membaca Al-qur'an - Selamat datang di situs media global terbaru Xivanki, Pada halaman ini kami menyajikan informasi tentang Penjelasan Tajwid Saat Membaca Al-qur'an !! Semoga tulisan dengan kategori seputar islam !! tutorial !! ini bermanfaat bagi anda. Silahkan sebarluaskan postingan Penjelasan Tajwid Saat Membaca Al-qur'an ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut dimudahkan Allah bagi anda, Lebih jelas infonya lansung dibawah -->


Fauzilblog001.blogspot.com, Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh, sahabat islam yang di rahmati Allah SWT, disini saya ingin sedikit menjelaskan tentang ilmu tajwid, tajwid sangat berperan penting ketika kita sedang membaca tulisan arab atau Al-qur'an, jadi kita butuh pengetahuan tentang tajwid ketika kita membaca Al-qur'an.

Disini saya tidak akan menjelaskan secara detail ilmu tajwid melainkan disini saya hanya akan menjelaskan bagian penting saja, yang berguna untuk membaca Al-qur'an, banyak orang yang bisa membaca Al-qur'an, namun tidak menggunakan tajwid, dan hanya membaca sesuai lafal yang tertera.

Sepertinya tidak perlu panjang lebar saya menjelaskan tentang pentingnya tajwid dalam membaca Al-qur'an, saya akan langsung saja menjelaskan panduan tajwid yang di gunakan untuk membaca Al-qur'an.

1. Ghunnah (dengung).

Apabila ketika kita membaca Al-qur'an, dan kita menemukan huruf نّ (nun tasjid) atau مّ (mim tasjid) maka di baca ghunnah (dengung, bunyi yang keluar dari hiding).

Contoh: Huruf warna orange.

2. Ikhfa' (samar atau menutupi).
Apabila ketika kita membaca Al-qur'an, dan kita menemukan huruf نْ (nun mati) atau  harokat tanwin seperti fatkah tanwin, kasroh tanwin, ndomah tanwin, bertemu dengan salahsatu huruf berikut: ت (tak), ث (tsak), ج (jim), د (dal), ذ (ndhal), ز  (zak), س (sin), ش (syen), ص (syod), ض (dhodh), ط (tok), ظ (dhok) ك (kaf). maka di baca ikhfa' (samar atau menutupi, bersuara sengau atau brengengeng).

Contoh: Huruf warna merah.

Dan lagi apabila kita menemukan huruf ب (bak) muncul setelah مْ (mim mati) maka itu juga bersuara sengau.

Baca Juga:
3. Idgham bighunnah (memasukkan atau menggabungkan dan bersuara dengung).

Jadi jika kita menemukan huruf نْ (nun mati) atau tanwin (kasroh tanwin, fatkah tanwin, ndomah tanwin) bertemu dengan salah satu huruf berikut: ي (yak), ن (nun), م (mim), و (wawu). maka harus di baca idgham (memasukkan).

Contoh: Huruf warna ungu.

Atau jika anda menemukan مْ (mim mati) bertemu dengan مّ (mim tasjid) maka huruf sebelumnya akan menyatu dengan huruf setelahnya dan di baca ghunnah (dengung).

4. Idgham Tanpa Ghunnah (menggabungkan).

Jika kita mendapatkan نْ nun mati bertemu dengan tanwi fatkah tanwin, kasroh tanwin, ndomah tanwin. namun di sini bertemu dengan salahsatu huruf berikut: ل (lam) atau ر (rok) maka di baca idgham tanpa ghunnah, yaitu menggabungkan).

Contoh: Huruf warna abu-abu.

5. Iqlab (mengganti).

Bila mana anda menemukan salahsatu huruf نْ (nun mati) atau tanwin fatkah tanwin, kasroh tanwin,  ndomah tanwin. bertemu dengan huruf ب (bak), maka huruf ب (bak) akan berubah menjadi م (mim mati).

Contoh: Huruf warna biru.

6. Qolqolah (memantul).

Jika salahsatu dari lima huruf ق (kof), ط (thok), ب (bak), ج (jim) د (dal) berharokat sukun(mati), atau terletak pada ahir lafal seperti di ahir ayat, maka akan di baca dengan memantul atau suara menghentak.

Contoh: Huruf warna hijau.


Nah sahabat tersebut di atas adah tuntunan tajwid dalam membaca Al-qur'an,  semoga dengan saya terbitkan artikel ini dapat banyak membantu para pembacanya dan dapat dengan mudah untuk di pahami, dengan mempelajari tajwid maka bacaan Al-qur'an kita akan sempurna.


Demikian info Penjelasan Tajwid Saat Membaca Al-qur'an, Semoga dengan adanya postingan ini, Anda sudah benar benar menemukan informasi yang memang sedang anda butuhkan saat ini. Bagikan informasi Penjelasan Tajwid Saat Membaca Al-qur'an ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.

Previous Post Next Post