Antara Mitos Dan Sholat Jum'at

Antara Mitos Dan Sholat Jum'at - Selamat datang di situs media global terbaru Xivanki, Pada halaman ini kami menyajikan informasi tentang Antara Mitos Dan Sholat Jum'at !! Semoga tulisan dengan kategori seputar islam !! ini bermanfaat bagi anda. Silahkan sebarluaskan postingan Antara Mitos Dan Sholat Jum'at ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut dimudahkan Allah bagi anda, Lebih jelas infonya lansung dibawah -->


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Hari Jumat hari yang mungkin terdengar seram karena banyak mitos yang beredar di masyarakat tentang keramatnya hari Jumat, ada yang bilang hari Jumat adalah hari dimana munculnya makhluk gaib dan ada juga yang memutuskannya tentang pusaka pusaka peninggalan zaman dahulu bulan pada hari malam Jumat tersebut, apalagi di wilayah Jawa yang masih banyak masyarakatnya yang meyakini akan hal-hal Ghaib tersebut.



Jika di dalam Islam hari Jumat sesungguhnya merupakan hari raya, allah Subhanahu Wa Ta'ala menjadikannya istimewa bagi kaum muslimin, jadi sahabat Islam tidak perlu mempercayai akan mitos-mitos yang tersebar di kalangan masyarakat terutama di wilayah Jawa yang masih kental akan ritual-ritual goib, seperti sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ini:

Bismillahirrahmanirrahim, Dari Ibnu Abbas bahwa Nabi Muhammad bersabda: “Sesungguhnya hari ini adalah Hari Raya, Allah menjadikannya istimewa bagi kaum muslimin, maka barangsiapa yang akan mendatangi shalat jum’at maka hendaklah dia mandi.” (HR. Ibnu Majah no: 1098).

Mengenai hari Jumat ada yang namanya sholat Jumat, sholat Jumat bagi umat Islam adalah wajib untuk dijalankan bagi umat muslimin yang sudah baligh, hari yang istimewa ini banyak hal-hal yang sepele akan diberi pahala kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala contohnya seperti memakai wangi-wangian dan menggosok gigi, selain hari Jumat hal tersebut adalah hal yang biasa dilakukan seseorang namun di Hari Istimewa ini jika melakukan hal tersebut akan mendapatkan pahala dari Allah subhanahu wa ta'ala seperti sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam di bawah ini.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Mandi pada hari Jum’at itu wajib bagi setiap orang yang sudah baligh. Dan hendaklah dia menyikat gigi serta memakai wewangian jika punya.” (HR. Al-Bukhari no.880 dan Muslim no.846).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Hak Allah yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim adalah ia mandi dalam satu hari dalam sepekan dari hari-hari yang ada.” (HR. Bukhari no. 898 dan Muslim no. 849).

dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Siapa yang mandi pada hari Jum'at seperti cara mandi junub, kemudian pergi seawal mungkin untuk melaksanakan solat Jumat seolah ia berkurban seekor onta. Siapa yang pergi untuk melaksanakan solat jumat pada waktu yang kedua, maka seolah dia berkurban seekor sapi. Siapa yang pergi pada waktu yang ketiga, maka seolah dia berkurban seekor kambing. Siapa yang pergi pada waktu yang keempat, maka seolah dia berkurban seekor ayam. Siapa yang pergi pada waktu yang kelima, maka dia seolah berkurban sebutir telur. Apabila imam sudah berada di atas mimbar, para malaikat berkumpul untuk mendengarkan khotbahnya". (HR. Bukhari no.881).

dari Salman Al Farisi ra, dia berkata: Nabi Saw pernah bersabda, "Siapapun yang mandi pada hari jumat, membersihkan diri semampunya, meminyaki rambutnya dan memakai wewangian yang ia dapatkan di rumahnya, kemudian dia pergi ke tempat solat jumat tanpa menerobos antara dua orang yang duduk di masjid, lalu dia melaksanakan solat seperti yang diwajibkan kepadanya, dan diam ketika imam berkhotbah, niscaya diampuni dosanya antara jumat itu dengan jumat sebelumnya". (HR. Bukhari no.883).

Allah berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui". (QS. al Jumu’ah 62: 9).

Setelah membaca Sabda Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam dan firman firman Allah kita sebagai umat muslimin seharusnya tidak mempercayai akan adanya mitos-mitos pada hari Jumat tersebut, karena Islam tidak pernah mengajarkan tentang adanya mitos baik dan buruknya hari-hari tertentu menurut Islam semua hari adalah baik.

Sahabat Islam yang dirahmati Allah, mungkin kita masih merasa canggung karena kita hidup dikalangan orang-orang yang mempercayai mitos-mitos pada hari Jumat tersebut namun kita sebagai umat Islam harus sepenuhnya percaya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan menyerahkan semua kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Ulasan yang saya paparkan disini semata-mata hanya untuk mengabarkan bahwa hari Jumat tidak merupakan hari keramat namun hari Jumat adalah hari raya di mana Hari yang dimuliakan Allah subhanahu wa ta'ala untuk umatnya.

Sahabat Islam di sini Saya tidak memaksakan para sahabat untuk tidak mempercayai mitos yang sudah beredar di masyarakat akan tetapi saya hanya mengabarkan bahwa ada Sabda Sabda Rasulullah dan firman firman Allah yang yang menjelaskan bahwa hari Jumat merupakan hari raya bagi umat Muslimin, jadi sahabat Islam silahkan mempertimbangkan untuk mempercayai mitos-mitos tersebut.

Sampai di sini dulu Ulasan saya mengenai hari jumat mohon maaf jika ada kesalahan kata ataupun kalimat-kalimat yang salah dalam penulisan ulasan ini karena saya hanya manusia biasa yang mencoba mengabarkan pengetahuan seputar agama islam, trimakasih, Semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah subhanahu wa ta'ala.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Demikian info Antara Mitos Dan Sholat Jum'at , Semoga dengan adanya postingan ini, Anda sudah benar benar menemukan informasi yang memang sedang anda butuhkan saat ini. Bagikan informasi Antara Mitos Dan Sholat Jum'at ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.

Previous Post Next Post